Weekly Update #19 – Perkembangan Industri Baja
Sumber: SEAISI, AISU, Eurometal, Steel Orbis, GMK Center
Market
Steel prices in the second week of May 2024
Berdasarkan harga baja yang diumumkan di pasar baja global, harga scrap sebesar $382 per ton, turun $3 dibandingkan harga minggu lalu, dan harga bijih besi sebesar $117 per ton, tidak berubah dari harga minggu lalu.
Sedangkan harga billet berkisar antara $505-530 per ton, sementara harga minggu lalu berkisar antara $505-530 per ton, dan harga rebar berkisar antara $575-590 per ton, sedangkan harga terakhir berkisar antara $575-590 per ton pada minggu lalu.
Harga wire rod, HR coil, dan CR coil tetap stabil dari minggu lalu. Dengan harga untuk wire rod berkisar antara $600-620 per ton, HR coil berkisar antara $550-560, dan CR coil 1mm berkisar antara $600-610 per ton.
Sumber: Steel prices in the second week of May 2024 - Arab Iron and Steel Union
SteelHome China Steel Price Daily Updates 20240516
Berdasarkan harga baja harian di China yang diterbitkan SteelHome pada 16 Mei 2024, terjadi kenaikan pada harga wire rod, rebar, HRC, CRC, dan plate dibandingkan hari sebelumnya. Harga 8mm HPB300 high speed wire rod naik Yuan 27 menjadi Yuan 3966 per ton, dan harga 20mm HRB400 rebar naik Yuan 23 menjadi Yuan 3731 per ton. Hot-rolled coil 2.75mm mengalami kenaikan sebesar Yuan 19 menjadi Yuan 3931 per ton, sementara cold-rolled coil 1.0mm naik Yuan 1 menjadi Yuan 4346 per ton. Harga medium plate 8mm mengalami kenaikan sebesar Yuan 5 menjadi Yuan 4196 per ton.
Sumber: SteelHome China Steel Price Daily Updates 20240516
China’s Baosteel raises June prices for hot-rolled coils
Produsen baja lembaran terkemuka di Tiongkok, Baosteel, telah menaikkan harga domestik hot rolling coil (HRC) untuk penjualan bulan Juni sebesar Yuan 50 per ton ($7 per ton). Hal ini dilaporkan oleh Kallanish.
Perusahaan juga meningkatkan penawaran beberapa produk lainnya untuk penjualan bulan Juni. Secara khusus, harga coated steel perusahaan tersebut untuk pasar domestik meningkat sebesar Yuan 100 per ton. Penawaran plate, galvanized steel, dan cold rolled coil (CRC) dari perusahaan tetap tidak berubah dibandingkan bulan Mei.
Perusahaan menaikkan harga menyusul kenaikan kontrak berjangka di Shanghai Futures Exchange setelah Hari Buruh (1 Mei). Selain itu, stok baja di Tiongkok menurun sehingga menaikkan harga. Meski demikian, harga hot-dip galvanized dan heavy plate tetap stabil sepanjang bulan tersebut.
Sumber: China's Baosteel raises June prices for hot-rolled coils
EU HRC prices remain unchanged on flat demand
Harga domestik untuk hot-rolled coil tetap tidak berubah di Eropa pada tanggal 13 Mei karena terbatasnya permintaan dari pengguna akhir.
“Permintaan tidak cukup baik,” kata seorang pedagang. “Tetapi pabrik-pabrik berusaha menjaga harga tetap tinggi.”
Pabrik-pabrik di UE mendorong penawaran lebih tinggi, karena penawaran impor dari Asia menjadi tidak kompetitif karena waktu tunggu yang lebih lama dan risiko terkait tindakan pengamanan di UE.
Pembeli telah melakukan restocking dalam jumlah terbatas, karena mereka menghindari penumpukan persediaan dalam jumlah besar, bahkan ketika hari libur di sebagian besar negara Eropa semakin memperlambat permintaan.
Sumber: EU HRC prices remain unchanged on flat demand - EUROMETAL
ASEAN billet buyers resist higher offers
Pasar impor billet ASEAN terus mengalami stagnasi, dengan aktivitas perdagangan yang sangat sepi, menurut Kallanish.
Di Manila, konsumen billet mengajukan tawaran di bawah tingkat penawaran dari produsen dan kesepakatan sulit diperoleh. Penawaran untuk square billet 5sp 150mm blast furnace open-origin dari ASEAN/Tiongkok untuk pengiriman akhir Juni/Juli berlaku pada harga $520-525 per ton CFR.
Penawaran untuk billet 130mm berkisar antara $6-8 per ton lebih tinggi. Reroller Manila menawar dengan harga di bawah $525 per ton CFR untuk billet 5sp 130mm, kata seorang pedagang. Dia belum mendengar adanya kesepakatan baru-baru ini. Lemahnya pasar rebar domestik di Filipina menghalangi para reroller untuk mengakses penawaran billet impor.
Sumber: ASEAN billet buyers resist higher offers
Tangshan billet prices decline
Harga billet di Kota Tangshan, Tiongkok Utara, melemah pada minggu lalu, seiring dengan melemahnya harga besi berjangka pada akhir minggu ini. Perusahaan re-roller lokal menjadi berhati-hati dalam pengadaan baja semi-finished mengingat tingginya stok baja jadi, menurut survei mingguan Mysteel.
Pada tanggal 12 Mei, harga square billet Q235 150mm Tangshan telah kehilangan Yuan 40 per ton ($5,5 per ton) dari harga pada tanggal 6 Mei menjadi Yuan 3.460 per ton EXW dan termasuk PPN 13%, menurut penilaian Mysteel.
Re-roller Tangshan sedang tertekan oleh stok baja jadi yang tinggi, kata seorang responden survei, dan mencatat bahwa permintaan billet mereka melemah seiring dengan turunnya utilisasi kapasitas.
Sumber: Tangshan billet prices decline
Taiwan's Feng Hsin rolls over rebar, scrap prices
Feng Hsin Steel, produsen besi baja terbesar di Taiwan yang berkantor pusat di Taichung, Taiwan bagian tengah, telah memutuskan untuk mengubah daftar harga rebar dan harga pengadaan scrap lokal untuk transaksi selama 13-17 Mei guna memantau perubahan pasar pada minggu ini, seorang pejabat perusahaan mengkonfirmasi pada Selasa.
Untuk diskusi bisnis hingga hari Jumat ini, mini-mill Taiwan terus menawarkan rebar berdiameter 13mm dengan harga TWD 19.400 per ton ($598 per ton) EXW, level yang sama dari minggu sebelumnya, dan harga beli untuk HMS 1&2 80:20 scrap lokal tetap tidak berubah minggu ini pada TWD 10.800 per ton, menurut pejabat tersebut.
Sumber: Taiwan's Feng Hsin rolls over rebar, scrap prices
ASEAN longs buyers tread cautiously, Chinese prices volatile
Pasar impor ASEAN untuk long product terus melemah, catat Kallanish. Meskipun penawaran stabil, volatilitas pada pasar baja berjangka Tiongkok kemungkinan menyebabkan pembeli regional harus berhati-hati. Pasar SHFE telah terkoreksi turun setelah reli pada awal minggu pascalibur Hari Buruh di Tiongkok.
Di Vietnam, tawaran masih diajukan untuk wire rod SAE 1008 dengan diameter 6,5 mm ke atas dari beberapa pabrik Tiongkok untuk pengiriman akhir Juni dengan harga yang tidak berubah yaitu $530 per ton CFR Vietnam. Seorang pedagang memahami bahwa tawaran ini adalah untuk wire rod yang akan menghindari pembayaran PPN.
Seorang manajer pabrik di Vietnam mengatakan bahwa pemasok harus menggunakan wire rod non-PPN karena penawaran saat ini yang sesuai dengan PPN, yaitu sekitar $550 per ton CFR Vietnam, tidak akan mendapat peminat. Hal ini disebabkan oleh bea masuk pengamanan Vietnam sebesar 6,2% untuk wire rod.
Sumber: ASEAN longs buyers tread cautiously, Chinese prices volatile | SEAISI
Fitch forecasts steel production growth in China in Q2
Lembaga pemeringkat kredit internasional, Fitch Ratings, memperkirakan produksi baja di Tiongkok akan tumbuh pada kuartal kedua tahun 2024 seiring pulihnya permintaan produk baja dari industri konstruksi. Hal ini dinyatakan dalam laporan lembaga tersebut, Kallanish melaporkan.
Produksi baja dan aluminium kemungkinan akan tumbuh lebih besar dibandingkan produksi semen, karena perusahaan baja berniat meningkatkan produksi baja di tengah peningkatan keuntungan.
Pada kuartal pertama tahun 2024, produksi baja di Tiongkok turun 1,9% dibandingkan periode yang sama tahun 2023, menjadi 256,55 juta ton, karena kondisi cuaca buruk mengurangi permintaan dan meningkatkan perawatan di pabrik baja karena rendahnya keuntungan.
Sumber: Fitch forecasts steel production growth in China in Q2
Steel demand in China to remain stable in 2024 – forecast
Permintaan baja di Tiongkok akan tetap stabil atau sedikit meningkat tahun ini. Perkiraan ini diungkapkan oleh Zhang Longqiang, Presiden China Metallurgical Information and Standardization Institute (CMSI), China Daily melaporkan .
Menurutnya, ekspektasi tersebut mempertimbangkan target pertumbuhan PDB negara sekitar 5% pada tahun 2024, pemulihan permintaan di industri manufaktur, serta percepatan investasi aset tetap, promosi peningkatan peralatan skala besar dan. perdagangan barang konsumen.
Selain itu, penurunan permintaan produk baja yang digunakan pada sektor real estat mungkin akan mereda pada tahun ini.
Sumber: Steel demand in China to remain stable in 2024 – forecast
Steel secretary: India’s steel demand to grow at 10% in next few years
Permintaan baja dalam negeri India akan tumbuh sekitar 10 persen selama beberapa tahun ke depan dengan dukungan dan fokus pemerintah pada sektor infrastruktur, kata Sekretaris Kementerian Baja, Nagendra Nath Sinha, pada hari Jumat, 10 Mei.
“Permintaan naik sebesar 13-14 persen YoY pada tahun anggaran 2023-2024. Kenaikan ini akan terus tumbuh sebesar 10 persen di masa depan,” kata Sinha.
Berdasarkan data resmi, produksi crude steel India berjumlah sekitar 145 juta metrik ton pada tahun fiskal 2023-24, naik dari 127 juta metrik ton pada tahun fiskal sebelumnya. Konsumsi mencapai 136 juta metrik ton pada tahun fiskal 2023-2024, dibandingkan 120 juta metrik ton pada tahun 2022-23.
Sumber: Steel secretary: India’s steel demand to grow at 10% in next few years
Iron ore prices correct after sharp rise in April
Kontrak bijih besi berjangka bulan September, yang paling banyak diperdagangkan di Dalian Commodity Exchange, telah meningkat sebesar 1,7% sejak awal Mei menjadi Yuan 888 per ton ($122,75 per ton), menurut Hellenic Shipping News.
Di Bursa Singapura, kuotasi untuk kontrak berjangka acuan bulan Juni pada 14 Mei 2024 meningkat sebesar 0,6% dibandingkan harga pada 1 Mei, menjadi $117,25 per ton.
Pada bulan April, harga bijih besi di Bursa Dalian naik tajam. Pada awal bulan, harganya sebesar $110 per ton, dan pada akhir bulan sebesar $120 per ton. Pada saat yang sama, harga di Bursa Singapura adalah $101 per ton pada awal bulan April dan $118 per ton pada akhir April.
Sumber: Iron ore prices correct after sharp rise in April
Policies
China extends anti-dumping duties on imports of stainless steel products
Kementerian Perdagangan Tiongkok telah memutuskan untuk mempertahankan bea masuk anti-dumping yang berlaku saat ini terhadap impor produk baja tahan karat dari Uni Eropa, Inggris, Jepang, Korea Selatan, dan Indonesia, Kallanish melaporkan.
Bea masuk untuk billet, lembaran, dan kumparan stainless steel yang berasal dari Uni Eropa, Jepang, Korea Selatan, dan Indonesia masing-masing adalah sebesar 43%, 29%, 103,1%, dan 20,2%. Produk-produk pasca Brexit dari Inggris Raya juga dikenakan tarif yang sama dengan produk-produk dari Uni Eropa.
Bea masuk pengamanan sebesar 18,1% dan 23,1% dikenakan masing-masing pada Nippon Yakin Kogyo di Jepang dan Posco Steel di Korea Selatan, sedangkan industri nikel dan stainless steel Guang Ching di Indonesia dibebaskan dari pembayaran bea masuk. Kebijakan Bea masuk anti-dumping diberlakukan pada Juli 2019 dan akan berakhir pada Juli 2024.
Sumber: China extends anti-dumping duties on imports of stainless steel products
Technology & Environment
EU scrap supply, economic independence critical
Kegagalan Uni Eropa untuk mengklasifikasikan scrap sebagai Crital Raw Material (CRM) sungguh membingungkan, mengingat surplus scrap Uni Eropa kemungkinan akan segera berubah menjadi defisit di tengah transformasi EAF oleh produsen baja. Namun, daftar tersebut dapat direvisi dan scrap mungkin segera ditambahkan, demikian kesimpulan sebuah panel pada Kongres Ekonomi Eropa minggu ini di Katowice yang dihadiri oleh Kallanish.
Scrap tidak dijadikan CRM semata-mata karena Uni Eropa adalah eksportir scrap, tetapi produsen baja sudah melihat ke depan. "Ini benar-benar kesempatan terakhir untuk memahami apa yang akan terjadi," kata kepala eksekutif produsen baja Polandia Cognor, Przemyslaw Sztuczkowski. Sekitar 60% produsen baja Uni Eropa yang berbasis blast furnace, karena dekarbonisasi, akan segera membutuhkan sumber bahan baku scrap.
Sumber: EU scrap supply, economic independence critical - EUROMETAL
ASEAN steel industry needs support to decarbonise: SEAISI
Industri baja ASEAN memerlukan dukungan pemerintah, pendanaan besar, dan teknologi yang layak agar dapat bertahan dan berkembang seiring dengan upaya dekarbonisasi industri ini.
Industri baja telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi beberapa masalah ini, Kallanish mendengar pada konferensi South East Asia Iron & Steel Industry (SEAISI) hari Senin di Da Nang. “Kami memperkirakan perjalanan yang sulit ke depan,” chairman SEAISI Dato' Lim Hong Thye mengatakan kepada para delegasi.
Industri baja regional sudah kelebihan kapasitas dan hal ini akan semakin memburuk. Kapasitas saat ini di ASEAN dapat meningkat dari 78,1 juta ton/tahun menjadi 188,5 juta ton/tahun pada tahun 2030 jika proyek yang diumumkan terwujud. Kapasitas baja baru sebesar 110,4 juta ton/tahun mencakup kapasitas blast furnace 73,7 juta ton/tahun dan kapasitas DRI dan/atau EAF sebesar 20,8 juta ton/tahun.
Sumber: ASEAN steel industry needs support to decarbonise: SEAISI
Investment
British Steel is close to signing an agreement with the government on green transformation
Produsen baja Tata Steel dan British Steel sedang melanjutkan negosiasi dengan pemerintah Inggris untuk mendanai transformasi hijau mereka, S&P Global melaporkan.
Menurut laporan media Inggris, pemerintah hampir menandatangani kesepakatan dengan British Steel. Baru-baru ini, Sekretaris Negara untuk Bisnis dan Perdagangan, Cami Badenoch, mengunjungi pabrik Teesside dan kantor pusat perusahaan di Scunthorpe. Menurutnya, perusahaan berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah dan perlu mencapai kesepakatan dengan cepat untuk mewujudkan tujuan yang telah dicanangkan.
British Steel, yang dimiliki oleh Jingye dari Tiongkok, dilaporkan sedang mencari dukungan pemerintah hingga £600 juta ($753 juta) untuk melaksanakan rencana dekarbonisasi senilai £1,25 miliar. Perusahaan tersebut memulai negosiasi dengan otoritas Inggris lebih dari setahun yang lalu. Produsen baja ini telah menerima izin dari otoritas lokal untuk membangun electric arc furnaces.
Sumber: British Steel is close to signing an agreement with the government on green transformation