Weekly Update #6 – Perkembangan Industri Baja
Sumber: Eurometal, GMK Center, SEAISI, SteelOrbis, AISU, SteelOrbis
Market
Steel prices in the first week of February 2024
Menurut harga yang diumumkan di pasar baja global, harga scrap mencapai $422 per ton, naik $3 dibandingkan dengan harga minggu lalu. Harga bijih besi mencapai $128 per ton, turun $5 dibandingkan dengan harga minggu lalu. Sementara itu, harga billet berkisar antara $515 - $605 per ton, sedangkan minggu lalu berkisar antara $510 - $605 per ton. Harga rebar berkisar antara $575 - $615 per ton, sementara minggu lalu berkisar antara $595 - $625 per ton.
Sumber: Steel prices in the first week of February 2024 - Arab Iron and Steel Union
Mysteel WEEKLY SUMMARY: China's major steel prices weaken in quiet market
Harga baja di pasar fisik Tiongkok melemah secara bertahap selama seminggu terakhir di tengah kondisi pasar yang sepi, karena semakin banyak pengguna akhir dan pedagang yang meninggalkan pasar karena libur Tahun Baru Imlek yang akan datang pada tanggal 10-17 Februari, demikian menurut analisa Mysteel. Transaksi di pasar fisik juga semakin melambat.
Sumber: Mysteel WEEKLY SUMMARY: China's major steel prices weaken in quiet market
Steel stocks at Chinese traders climb higher pre-CNY holiday
Berdasarkan laporan survei terbaru, persediaan produk baja yang disimpan oleh pedagang Tiongkok dan dipantau oleh Mysteel mengalami pertumbuhan yang signifikan selama periode 26 Januari hingga 1 Februari. Pertumbuhan ini mencapai 9,4%, lebih besar dibandingkan peningkatan di minggu sebelumnya yaitu 4,8%
Pada tanggal 1 Februari, stok kelima jenis baja, yaitu rebar, wire rod, hot-rolled coil, cold-rolled coil, dan medium plate, di 132 kota di Tiongkok mengalami peningkatan selama tujuh minggu berturut-turut. Sumber di Xiamen, provinsi Fujian, menyatakan bahwa peningkatan ini disebabkan oleh penurunan konsumsi baja di pasar lokal dan hanya sedikit perusahaan konstruksi yang masih memiliki permintaan untuk baja. Akibatnya, sebagian besar pedagang memilih untuk menyimpan stok produk baja mereka.
Sumber: Steel stocks at Chinese traders climb higher pre-CNY holiday
China-origin HRC prices trend down in GCC
Harga HRC impor untuk kawasan Gulf Cooperation Council (GCC) dari Tiongkok turun minggu ini menjelang liburan Tahun Baru Imlek yang dimulai pada 9 Februari. Menurut Kallanish, pembeli mengamati volatilitas dan sentimen negatif di Tiongkok dan memperkirakan harga akan cenderung sedikit lebih rendah di tengah tekanan biaya.
Sumber: China-origin HRC prices trend down in GCC
China’s Baosteel has raised its March prices for hot rolled coils
Baosteel, bagian dari China Baowu Steel Group, menaikkan harga jual hot rolled coil (HRC) domestik untuk Maret sebesar 100 yuan/t setelah tetap sama pada Februari. Harga heavy plates juga naik. Kenaikan ini terjadi karena persaingan yang lebih ketat. Harga HRC di pasar saham Shanghai bervariasi menjelang Tahun Baru Imlek. Baosteel tidak memberikan detail harga produk, hanya mengumumkan penyesuaian. Menurut China Iron and Steel Association (CISA), harga baja di China diperkirakan akan tetap terbatas dalam waktu dekat. Harga global hot-rolled coil naik, tapi harga di pasar China stabil sejak Desember. Produksi baja canai China naik 5,2% YoY menjadi 1,36 miliar ton pada 2023.
Sumber: China's Baosteel has raised its March prices for hot rolled coils
European HRC prices largely stable amid wait-and-see attitude at buyers
Di Eropa sebagian besar harga hot-rolled coil (HRC) tidak berubah di tengah terbatasnya aktivitas di pasar. Pabrik-pabrik di Eropa utara menawarkan HRC dengan kisaran €780-820 ($841-884) per ton ex-works. Pembeli mengatakan bahwa aktivitas perdagangan saat ini sangat rendah dan pada pelaku pasar berada dalam tahap menunggu dan melihat pasar. Beberapa pembeli juga menambahkan bahwa pabrik mungkin perlu mempertimbangkan kembali penawaran yang ditawarkan jika melihat aktivitas pasar tidak mengalami peningkatan
Sumber: European HRC prices largely stable amid wait-and-see attitude at buyers - EUROMETAL
Vietnamese HRC market descends on Chinese slowdown, holiday
Pasar impor HRC di Vietnam sedang melambat menjelang Tahun Baru Imlek. Pelaku pasar tengah melakukan persiapan menyambut libur tujuh hari yang resmi dimulai pada Kamis. Demikian pula, ketika Tiongkok juga merayakan Tahun Baru Imlek, pabrik dan pemasok Tiongkok sudah mulai menarik diri dari pasar dan bersiap menyambut hari raya tersebut. Namun ada beberapa tawaran harga rendah yang terdengar. Penawaran untuk 10.000 ton SAE 1006 HRC China berukuran 2 mm untuk pengiriman bulan Maret/April beredar dengan harga $585-590/ton cfr Vietnam. Penawaran Tiongkok berada pada kisaran $605/t cfr selama sepekan hingga 26 Januari.
Sumber: Vietnamese HRC market descends on Chinese slowdown, holiday
EU HRC buyers slow down procurement due to healthy stocks
Produsen baja canai panas Eropa memperlambat pengadaan karena tingkat persediaan yang memadai, sementara produsen baja tetap teguh dengan penawaran pada 5 Februari. Ketidakpastian mengenai tren harga jangka pendek dan volume impor di Triwulan ke-4 mempengaruhi sentimen pembeli untuk membatasi volume pembelian spot.
Sumber: EU HRC buyers slow down procurement due to healthy stocks
Doubts surround Russian billet price increase
Pemasok billet Rusia telah menaikkan harga, namun terbatasnya minat dari pasar internasional menimbulkan keraguan apakah kenaikan tersebut akan bertahan, mengingat ketersediaan bahan dari negara lain dengan harga yang sama.
Peningkatan ini disebabkan oleh terbatasnya ketersediaan dan antisipasi musim konstruksi yang lebih aktif di wilayah tersebut, serta tidak adanya beberapa pemasok Asia karena Tahun Baru Imlek. Hal lain yang juga diperhitungkan adalah risiko dan biaya yang lebih tinggi akibat gangguan pelayaran di Laut Merah. Penawaran dari Rusia dan eksportir billet yang berbasis di Donbas dilaporkan sebesar $520-540/ton fob Laut Hitam dibandingkan dengan $515-530/t fob pada minggu sebelumnya.
Sumber: Doubts surround Russian billet price increase
China's construction steel prices to rebound in Feb
Menurut laporan bulanan Mysteel, setelah liburan Tahun Baru Imlek harga baja konstruksi dan rebar domestik Tiongkok diperkirakan akan pulih. Permintaan dan produksi baja diyakini akan kembali seimbang, yang berpotensi meningkatkan margin keuntungan produsen baja. Pada 31 Januari, harga rebar HRB400E 20mm turun sebesar Yuan 34/ton ($4,7/t) dibandingkan dengan akhir Desember lalu, mencapai Yuan 4,040/t termasuk PPN 13%. Banyak pabrik di Tiongkok menghentikan operasinya selama liburan Tahun Baru Imlek, menyebabkan penurunan tingkat operasional, termasuk pabrik terintegrasi. Produksi rebar mingguan di antara 137 pembuat baja di seluruh negeri turun menjadi 2,16 juta ton pada akhir Januari. Meskipun beberapa pembuat baja mengalami kerugian, terutama pabrik baja yang menggunakan teknologi blast furnace, kerugian tersebut sedikit berkurang dengan penurunan biaya produksi.
Sumber: China's construction steel prices to rebound in Feb
Taiwan’s Feng Hsin keeps scrap, rebar, section steel prices flat this week
Feng Hsin Steel Co., Ltd., salah satu pabrik tungku listrik besar di Taiwan, mempertahankan harga pembelian scrap minggu ini pada NT$11,200/ton, dan harga rebar dan section juga dipertahankan masing-masing pada NT$20,000/ton dan NT$26,300 /ton.
Sumber: Taiwan’s Feng Hsin keeps scrap, rebar, section steel prices flat this week
World tube production rises, 2024 outlook promising: ITA
Menurut International Tubes Association (ITA), produksi tube dan pipa secara global mengalami peningkatan pada tahun 2023 sekitar 15% atau 170 ton dan diperkirakan akan mempertahankan tren peningkatan pada tahun ini. Tren produksi tube dan pipa di negara produsen baja terbesar mengalami perkembangan yang berbeda. Di Tiongkok yang mewakili dari 50% produksi tube di dunia, mengalami peningkatan produksi sekitar 15%. Pada negara Amerika Serikat juga mengalami peningkatan produksi sekitar 18%. Begitu halnya dengan India yang mengalami peningkatan 12% dibandingkan tahun lalu. Namun untuk Eropa, tren produksi tube dan pipa mengalami kehilangan kapasitas produksinya dikarenakan efek penutupan produsen terbesar yaitu Vallourec. Untuk menangani hal tersebut, perlu adanya pabrik lain yang mampu menggantikan secara teknis dalam pemenuhan kapasitas produksi. Sedangkan di CIS, mengalami peningkatan sebesar 77% kemungkinan besar karena substitusi impor Rusia dengan produksi lokal.
Sumber : World tube production rises, 2024 outlook promising: ITA - EUROMETAL
Global scrap prices increased in January in most regions
Saat ini peran scrap menjadi semakin penting khususnya dalam hal pembangunan berkelanjutan dan penggunaan sumber daya yang efisien. Semakin banyak negara maju yang memberlakukan pembatasan ekspor bahan mentah karena semakin fokus pada isu-isu lingkungan hidup dan menipisnya sumber daya alam. Penggunaan kembali scrap membantu mengurangi emisi dan konsumsi energi, menjadikannya elemen penting dalam strategi produksi berkelanjutan. Pada awal tahun, pasar scrap Eropa mengalami kenaikan harga yang moderat di tengah peningkatan permintaan dari produsen baja lokal dan peningkatan ekspor setelah liburan. Namun, tren ini hanya bersifat sementara dan kenaikan harga maksimum tetap berada pada kisaran €5-20 per ton, bergantung pada wilayahnya.
Sumber: Global scrap prices increased in January in most regions
Chinese ferrous scrap prices to firm in Feb
Harga scrap di Tiongkok bisa naik secara keseluruhan bulan ini, didukung oleh peningkatan permintaan scrap di kalangan produsen baja Tiongkok setelah libur Tahun Baru Imlek yang secara resmi dimulai pada hari Sabtu ini, demikian menurut survei terbaru Mysteel.
Sumber: Chinese ferrous scrap prices to firm in Feb
US scrap market turns pessimistic about February pricing
Dengan perdagangan scrap Februari di Amerika Serikat yang akan segera dimulai, beberapa pabrik sudah mulai menyatakan target harga lebih rendah dan para peserta pasar terlihat kehilangan optimisme terhadap harga. Menjelang perdagangan, scrap grade primer terlihat mengalami tekanan lebih kuat dibandingkan dengan grade obsolete karena pasokan scrap grade obsolete sangat terpengaruh oleh kondisi cuaca ekstrem pada bulan Januari.
Sumber: US scrap market turns pessimistic about February pricing | SEAISI
China's steel exports in 2024 to face opportunities & challenges simultaneously
Pada tahun 2024, pasar ekspor baja Tiongkok akan menghadapi peluang sekaligus tantangan. Peluang yang ada antara lain adalah Vietnam dan Malaysia, sampai taraf tertentu, masih bergantung pada produk-produk flat di Asia Timur. Sementara motivasi apresiasi Yuan Tiongkok masih lemah. Faktor-faktor ini mungkin menguntungkan ekspor baja Tiongkok. Namun, proteksionisme perdagangan global meningkat, dan isu pasar karbon semakin membatasi ekspor baja Tiongkok. Selain itu, pasokan baja dari negara-negara Laut Hitam diperkirakan akan pulih sehingga membuat pasar baja global semakin kompetitif.
Sumber: China's steel exports in 2024 to face opportunities & challenges simultaneously
China EAF mills embrace holiday mood in Jan
Sebagian pabrik pembuat baja di Tiongkok telah bersiap untuk menghentikan kegiatan produksinya dikarenakan liburan tahun baru imlek. Dari 95 pabrik baja yang mempunyai tungku EAF, sekitar 44% sudah mematikan furnace dan 7 persen lainnya akan mematikan furnace tersebut pada rentang tanggal 1-9 Februari. Diperkirakan, pabrik-pabrik baja tersebut akan kembali beroperasi pada tanggal 24 Februari 2024 yang ditandai sebagai hari terakhir perayaan libur imlek.
Dari data per 31 Januari, Sekitar 18 pabrik baja dengan teknologi EAF telah mendapatkan keuntungan sekitar Yuan 48/t. Oleh sebab itu, pengoperasian EAF diperpanjang beberapa hari lagi menjelang periode liburan panjang.
Sumber: China EAF mills embrace holiday mood in Jan
Green and Conventional Steel Prices to Converge by 2030s – Thyssenkrupp
CEO Thyssenkrupp Miguel Lopez menyatakan bahwa kesenjangan harga antara baja ramah lingkungan dan konvensional akan menyempit pada tahun 2030an, menurut S&P Global. Harga baja ramah lingkungan, terutama yang diproduksi menggunakan hidrogen ramah lingkungan, diperkirakan akan lebih tinggi. Namun, dengan meningkatnya biaya emisi karbon, produk baja konvensional juga akan lebih mahal. Thyssenkrupp berencana meluncurkan pabrik besi langsung tereduksi (DRI) baru yang menggunakan hidrogen pada tahun 2029. Lopez juga menargetkan pendirian lebih banyak usaha patungan (JV) hidrogen di masa mendatang. Namun, ketersediaan energi untuk melakukan dekarbonisasi produksi baja menjadi isu utama yang dipertanyakan oleh pemegang saham perusahaan.
Sumber: Green and conventional steel prices to converge by 2030s – Thyssenkrupp
China's machinery industry to grow 5% in 2024
Indikator kinerja utama di sektor manufaktur mesin Tiongkok, termasuk nilai tambah, pendapatan bisnis dan laba kotor, semuanya diperkirakan tumbuh sebesar 5% pada tahun ini, menurut prediksi the China Machinery Industry Federation (CMIF) pada konferensi informasi yang diadakan di Beijing pada hari Senin.
Tahun lalu, nilai tambah sektor permesinan meningkat sebesar 8,7% dibandingkan tahun lalu, lebih tinggi dibandingkan nilai tambah industri manufaktur di negara tersebut secara keseluruhan sebesar 3,7%.
Sumber: China's machinery industry to grow 5% in 2024
UNCTAD warns global trade might be impacted greatly due to several factors
The United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) memperingatkan bahwa krisis pelayaran Laut Merah saat ini akan berdampak terutama pada negara-negara berkembang. Selain itu, harga pangan global akan menjadi lebih tinggi karena jarak pengiriman yang lebih jauh dan biaya pengangkutan yang lebih tinggi.
Sumber: UNCTAD warns global trade might be impacted greatly due to several factors
Hapag-Lloyd CEO: Red Sea crisis unlikely to end soon
Rolf Habben Jansen, CEO Hapag-Lloyd, mengatakan krisis Laut Merah sepertinya tidak akan segera berakhir, dan perusahaan pelayaran masih terpaksa menghindari rute melalui Terusan Suez.
Dia mengatakan bahwa kesepakatan politik dan misi untuk melindungi kapal kargo akan dapat menghasilkan resolusi dalam waktu enam bulan. Dukungan aktif UE terhadap aliansi angkatan laut multinasional untuk melindungi lalu lintas komersial di kawasan sangatlah penting.
Sumber: Hapag-Lloyd CEO: Red Sea crisis unlikely to end soon
Policies
Liberty Steel's Australian EAF program to receive government funding
Whyalla Australia memiliki semua bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi baja rendah karbon, termasuk sumber daya alam, kemampuan untuk menghasilkan energi terbarukan yang melimpah di masa depan, dan pelabuhan laut dalam. Liberty Primary Metals Australia (LPMA), anak perusahaan pembuat baja Inggris, Liberty Steel Group, akan memasang EAF rendah emisi karbon berkapasitas160 ton di Whyalla. EAF ini akan meningkatkan kapasitas pembuatan baja Whyalla menjadi lebih dari 1,5 juta ton per tahun. Saat ini, program EAF tersebut akan mendapat pendanaan sebesar US$63 juta dari pemerintah Australia.
Sumber: Liberty Steel's Australian EAF program to receive government funding
Brazilian government confirms evaluation of steel import tax increase
Otoritas pemerintah di Brasil telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mengevaluasi potensi kenaikan pajak impor baja yang merupakan respons pertama sejak industri baja Brazil yang diwakili oleh IABR, meminta kenaikan dari 12 menjadi 25 persen. Marcio Elias Rosa, sekretaris eksekutif Kementerian Pembangunan, Industri, Perdagangan dan Jasa (MDIC) mengatakan bahwa kementerian sedang mengevaluasi permintaan tersebut dan mengatakan bahwa pemerintah menerima kekhawatiran industri baja, namun kenaikan pajak dapat berdampak negatif terhadap sektor lain yang pada akhirnya mengakibatkan tingkat inflasi yang lebih tinggi, karena kemungkinan harga baja yang lebih tinggi di pasar dalam negeri.
Sumber: Brazilian government confirms evaluation of steel import tax increase
China issues new rules on carbon emissions trading
Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang telah menandatangani dekrit Dewan Negara, yang mengumumkan dikeluarkannya peraturan perdagangan emisi karbon, sebagaimana dituangkan dalam rilis resmi kabinet Tiongkok pada tanggal 4 Februari. Efektif pada tanggal 1 Mei, peraturan tersebut dirancang untuk menetapkan kerangka hukum bagi pasar perdagangan emisi karbon nasional dan mendorong pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan, sebagaimana dilaporkan MySteel.
Sumber: China issues new rules on carbon emissions trading
Technology & Environment
Analysis Steel Sector Decarbonization Carbon Capture and Storage Hydrogen Big iron ore’s long-term strategies diverging in the face of steel decarbonization
Meningkatnya momentum dekarbonisasi baja mendorong tiga dari empat penambang bijih besi terbesar untuk meningkatkan pasokan bijih besi bermutu tinggi. Pihak lain lebih fokus pada teknologi penangkapan karbon, sementara tekanan investor terhadap emisi cakupan 3 terus meningkat.
Sebagian besar tinjauan ke depan bijih besi menekankan kinerja ekonomi jangka pendek dan permintaan baja di Tiongkok yang sejauh ini merupakan importir bijih besi terbesar di dunia. Tiongkok merupakan tujuan 85% ekspor bijih besi Australia. Namun, seiring dengan menurunnya permintaan baja jangka panjang dan rencana peningkatan daur ulang scrap, ada tren lain yang muncul di Tiongkok. Pada bulan Januari 2024, diumumkan bahwa China Baowu, produsen baja terbesar di dunia, telah memulai produksi Direct Reduced Iron (DRI) skala komersial di Provinsi Guangdong dengan menggunakan teknologi Energiron berbahan reduktor hidrogen.
POSCO commissions Hydrogen Reduction Steelmaking Development Center at Pohang Works
Produsen baja Korea Selatan POSCO mengumumkan telah membuka Hydrogen Reduction Steelmaking Development Center di Pohang Works. Fasilitas ini diharapkan menjadi tempat penting dalam membangun fasilitas pengujian.
HyREX (Hydrogen Reduction Steelmaking) adalah proses eksklusif yang dikembangkan oleh POSCO. Teknologi ini menggunakan hidrogen sebagai zat pereduksi untuk menghasilkan besi dari oksida besi, yang akan menggantikan cara perusahaan membuat baja dengan blast furnace.
Sumber: POSCO commissions Hydrogen Reduction Steelmaking Development Center at Pohang Works
ArcelorMittal Nippon Steel joint venture targets 20% emission cut by 2030
ArcelorMittal Nippon Steel India (AM/NS India), perusahaan joint venture antara produsen baja global ArcelorMittal dan Nippon Steel, telah menyampaikan ringkasan jalur untuk mengurangi intensitas emisi sebesar 20 persen pada tahun 2030 dalam Laporan Aksi Iklim (Climate Action Report) pertamanya yang diterbitkan pada hari Senin.
Mendukung energi terbarukan untuk memenuhi 100 persen kebutuhan listrik, meningkatkan daur ulang scrap hingga dua kali lipat, dan mendorong efisiensi operasional dengan peningkatan teknologi baru adalah kunci dalam mencapai target.
Sumber: ArcelorMittal Nippon Steel joint venture targets 20% emission cut by 2030
Hydnum Steel’s Spanish green steel mill project advances
Hydrum Steel saat ini telah melancarkan rencananya untuk membangun proyek pabrik baja ramah lingkungan pertama di Semenanjung Iberia. Pembangunan tersebut merupakan hasil kerjasama antara perusahaan Helvella, Siemens, ABEI Energy dan Russula Corporation yang mana pabriknya akan dibangun di Castilla-La Mancha. Dengan luas area sekitar 1,3 juta meter persegi, pabrik ini mampu menciptakan lapangan pekerjaan lebih dari 1000 lapangan pekerjaan langsung dengan nilai investasi pabrik mencapai €1,65 miliar ($1,73 miliar).
Pembangunan proyek pabrik baja ini juga sudah diajukan kepada Pemerintah Castilla-La Mancha dengan harapan dukungan pemerintah setempat dapat mempercepat pelaksanaan proyek terutama dalam hal administrasi, pertanahan dan perencanaan kota. Ke depannya, diharapkan produksi baja ramah lingkungan ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan dengan berfokus kepada proses mendaur ulang barang bekas (scrap) sebagai bahan baku, meminimalkan penggunaan air dan mengurangi limbah.
Sumber: Hydnum Steel’s Spanish green steel mill project advances
Ukraine is losing the climate trade war — EBA
Menurut European Business Association (EBA), Ukraina menghadapi tantangan besar dalam melindungi industri nasionalnya dalam konteks penerapan Carbon Border Adjustment Mechanism (CBAM), yang dapat merugikan produsen Ukraina hingga $300 juta. EBA merekomendasikan Ukraina untuk secara deklaratif menerapkan CBAM dan segera mengembangkan mekanisme CBAM sendiri. Ini termasuk mengambil langkah-langkah yang sejalan dengan praktik negara-negara lain dan memimpin inisiatif tersebut secara internal. EBA meminta tanggapan cepat dari pemerintah Ukraina dalam hal ini.
Sumber: Ukraine is losing the climate trade war — EBA
India plans green hydrogen pilot projects in shipping and steel
India telah menyusun rencana untuk melakukan proyek percontohan penggunaan hidrogen ramah lingkungan di sektor pelayaran dan baja dengan biaya hingga US$68,6 juga. Skema proyek tersebut disampaikan oleh Kementerian Energi Baru dan Terbarukan (MNRE) akan menjadi proyek percontohan yang menggantikan bahan bakar fosil dengan hidrogen ramah lingkungan dan turunannya. Program sektor baja akan mempertimbangkan penggunaan hidrogen dalam proses Direct Reduced Ironmaking (DRI), blast furnaces, serta dilakukan peralihan bahan bakar fosil dengan hidrogen hijau secara bertahap. Adanya alokasi anggaran sebesar US$54,8 juta hingga tahun 2029-2030, proyek percontohan diarahkan pada pengembangan infrastruktur yang menggunakan hidrogen dalam industri besi dan baja.
Sumber: India plans green hydrogen pilot projects in shipping and steel
EU launches new project to recycle steel by-products
Uni Eropa (UE) telah meluncurkan proyek baru berupa Zhyron yaitu proses pengenalan untuk memproduksi produk samping baja dengan teknologi hidrogen ramah lingkungan. Proyek ini didanai oleh Badan Kesehatan dan Digital Eropa (HaDEA) sebagai mitra untuk program clean steel di Eropa. Tujuan diadakan proyek ini adalah untuk membuka jalan dalam efisiensi nilai produk samping yang masih kaya akan besi dan baja seng serta mengubah proses produksi baja linier saat ini menjadi aliran sumber daya yang sirkular dan berkelanjutan.
Proyek ini akan mengeksplorasi solusi terkait integrasi teknis, kelayakan ekonomi, dan pertimbangan lingkungan. Hal ini akan berkontribusi pada pengembangan model bisnis dan strategi inovatif untuk ekstraksi besi dan seng dari limbah baja menggunakan hidrogen sebagai zat pereduksi.
Sumber: EU launches new project to recycle steel by-products
JFE Steel to supply green steel to Southeast Asia for first time
JFE Steel sebagai produsen baja asal Jepang telah mengumumkan bahwa mereka akan memasok baja ramah lingkungan dengan merek JGreeX™ kepada Hock Seng Hoe, salah satu pedagang grosir baja di Singapura dengan tujuan perusahaan tersebut dapat melaksanakan rencananya untuk menjual 2.000 metrik ton baja ramah lingkungan per tahun. Ini akan menjadi pertama kalinya JGreeX™ dipasok ke perusahaan Asia Tenggara.
Hock Seng Hoe menjual pelat baja secara grosir ke sektor pembuatan kapal, konstruksi, dan struktur lepas pantai. Perusahaan asal Singapura ini bertujuan untuk mengurangi emisi karbonnya sebesar 50 persen pada tahun 2028, termasuk melalui peningkatan logistik dan pengurangan timbulan limbah, serta menjadi netral karbon pada tahun 2050.
Sumber: JFE Steel to supply green steel to Southeast Asia for first time
Price gap of ‘green’ and ‘gray’ steel to close steadily until mid-2030s: Thyssenkrupp
Baja karbon dengan emisi rendah mengalami kenaikan harga karna biaya hidrogen ramah lingkungan mengalami kenaikan harga. Thyssenkrupp, produsen baja terbesar di Jerman, berencana menjalankan pabrik besi reduksi dengan hidrogen ramah lingkungan pada 2029, meskipun biaya hidrogen menjadi tantangan. Perusahaan juga mempertimbangkan usaha patungan dengan penyedia energi Ceko EPH untuk mengatasi ketersediaan energi dalam dekarbonisasi operasi baja. Meskipun mendapatkan dukungan Euro 2 miliar dari pemerintah Jerman, Thyssenkrupp akan menghentikan unit baja yang menyumbang 2,5% dari emisi CO2 Jerman.
Sumber: Price gap of ‘green’ and ‘gray’ steel to close steadily until mid-2030s: Thyssenkrupp - EUROMETAL
Investment
Posco starts building Gwangyang EAF
Informasi dari Kallanish, produsen baja Korea Selatan Posco memulai pembangunan EAF berkapasitas 2,5 juta ton/tahun di pabrik Gwangyang pada tanggal 6 Februari.
Total investasi proyek ini diperkirakan mencapai KRW 600 miliar ($451 juta), dan konstruksi EAF diharapkan selesai pada akhir tahun 2025. Operasi resmi akan dimulai pada tahun 2026. Posco telah memesan sistem pengumpanan skrap kontinu Consteel dan sistem pengadukan elektromagnetik Consterrer dari pemasok Italia Tenova.
Sumber: Posco starts building Gwangyang EAF
Tata Steel allows additional investments in Port Talbot steel mill
Awal tahun ini, Tata Steel mengumumkan bahwa mereka akan menutup dua blast furnace yang ada di pabrik Port Talbot pada akhir tahun 2024 dan menggantinya dengan electric arc furnace. Tata Steel juga akan mempertimbangkan investasi tambahan di pabrik tersebut di masa depan jika ada lebih banyak dana pemerintah yang dialokasikan. CEO Tata Steel menegaskan bahwa perusahaan akan mempertimbangkan investasi pada teknologi direct reduced iron. Teknologi ini dapat digunakan bersama dengan electric arc furnace dan akan menciptakan ratusan lapangan kerja. Namun, hal tersebut hanya mungkin terjadi jika perusahaan dapat memperoleh pasokan gas dengan harga kompetitif dan hidrogen tanpa emisi.
Sumber: Tata Steel allows additional investments in Port Talbot steel mill